Penguatan Peran Satlinmas

Oleh Achmad Rofai

Tanggal 19 April 2012 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) genap berusia 50tahun. Setemgah abad erjalanannya berbarengan dengan situasi sosial dan alam wilayahJawa Tengah yang sedang mengalami transisi.

Peran dan kiprah anggota Linmas di tengah masyarakat sering disorot. Namun ada harapan terhadap kehadiran Satlinmas sebagai perpanjangan aparat pemerintah, dalam membantu masyarakat menciptakan kedamaian, ketentraman, atau saat penanggulangan bencana alam yang kerap terjadi.

Meski masyarakat mengalami perubahan pandangan hidup dan perilaku yang dirasa makin pragmatis, materialistik, dan berupaya menyelesaikan segalanya secara instan pada saat menghadapi permasalahan sosial atau bencana alam, Satlinmas masih menjadi tumpuan untuk membantu meringankan beban.

Satlinmas berada dalam pusaran harapan sekaligus perilaku masyarakat transisional. Karena itu, dalam usia 50 tahun institusi itu butuh penguatan kelembagaan dan personel keanggotaan dalam rangka mengantisipasi transisi sosial dan alam, sebagaimana tugas pokok dan fungsinya.

Semangat gotong-royong dan rasa handarbeni terhadap dinamika kehidupan masyarakat awam terasa makin merosot akibat terpaan gaya hidup hedonistik, materialistik yang cenderung berorientasi individualistik, menjadikan permasalahan masyarakat yang sebenarnya cukup sederhana, tapi mereka makin tidak perduli, apalagi berupaya ikut mencari solusinya.

Di sinilah perlunya kehadiran peran anggota Satlinmas. Misalnya membantu mendistribusikan logistik bantuan bencana, mengevakuasi pengungsi, atau memperlancar distribusi logistik saat pemilu. Terlebih bila dikaitkan kondisi Jateng yang berpenduduk lebih dari 33 juta jiwa ini yang memasuki masa rawan bencana karena faktor alam, seperti angin puting-beliung, gempa bumi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, dan sebagainya.

Tupoksi Satlinmas harus mampu meng-cover 35 kabupaten/kota, yang terdiri atas 573 kecamatan dengan 7.809 desa dan 767 kelurahan. Kecuali itu, lembaga ini menjadi salah satu ujung tombak untuk merealisasikan misi dalam RPJMD Jateng, yakni mewujudkan kondisi aman dan rasa aman dalam kehidupan masyarakat yang berkeadilan dan terjamin kepastian hukum.

Penguatan Satlinmas

Satlinmas, menurut UU Nomor 20 Tahun 1982 adalah pertahanan nonmiliter yang merupakan bagian integral dalam sistem pertahanan keamanan nasional (hankamnas) yang meliputi bidang perlindungan masyarakat dalam rangka ketahanan nasional. Lembaga ini menghadapi tantangan yang membutuhkan penguatan, melibatkan pemerintah, termasuk masyarakat sebagai mitra sekaligus stakeholder-nya.

Tantangan itu antara lain rendahnya partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk menjadi anggota Linmas. Hal ini lebih karena pandangan minor bahwa menjadi anggota Linmas merupakan tugas sosial yang tidak dihargai. Kemudian, lemahnya kapabilitas SDM Satlinmas dalam penanggulangan bencana alam atau bencana sosial seperti konflik.

Kesan lamban, kurang tanggap, dan tidak bersemangat menempel pada diri anggota Linmas ketika bertugas. Rendahnya kualitas pendidikan anggota, juga berpengaruh pada tampilan, rasa percaya diri, dan kreasi ketika menjalankan tupoksinya di masyarakat. Sebagian besar yang bersedia menjadi anggota Linmas adalah tamatan SD atau SLTP.

Potensi Satlinmas terbagi dalam dua faktor yakni faktor kelembagaan dan posisi keanggotaan di masyarakat. Sisi kelembagaan Satlinmas menggambarkan kekuatan besar di Jawa Tengah ketika diketahui bahwa anggota berjumlah 272.280 orang, dengan dukungan sarana 75.413 gardu/ poskamling tersebar di seluruh kabupaten/ kota. Apabila jumlah anggota yang cukup besar serta jaringan dan koordinasi antarkabupaten/kota bisa berjalan sinergis, tentu dapat menjadi energi besar guna memperkuat kehadiran Satlinmas. (Sumber: Suara Merdeka, 19 April 2012).

Tentang penulis:
Drs Achmad Rofai MSi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Pemprov Jawa Tengah.

About these ads


ISSN 1979-9373
ISSN GagasanHukum.WordPress.Com

ARSIP

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 1,486,579 hits
April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 78 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: